Anda dapat menggunakan Facebook sebagai media promosi untuk mengembangkan bisnis Anda. Kenapa demikian? Karena Facebook adalah media sosialterbesar. Indonesia sendiri merupakan negara penyumbang pengguna Facebook terbesar keempat di dunia setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil berdasarkan {data|knowledge|information} yang dirilis Katadata.

Pengguna Facebook di Indonesia menyentuh angka {130|one hundred thirty|a hundred thirty} juta pengguna aktif Facebook pada tahun 2017. Artinya, lebih dari setengah penduduk Indonesia memiliki akun Facebook dan hal ini dapat dimanfaatkan untuk mencapai {target|goal} promosi.

Bayangkan, dengan memanfaatkan Facebook Anda bisa menjangkau lebih dari setengah penduduk Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menggunakan satu platform saja. Facebook menyediakan kampanye Pay-Per-Click(PPC) atau istilah yang lebih dikenal dengan iklan berbayar.

Iklan berbayar yang dipopulerkan Facebook bernama Facebook Ads. Apa itu Facebook Ads? Facebook Ads adalah media beriklan yang menargetkan pengguna Facebook dan membayarkan sejumlah uang kepada platformtersebut. Meski untuk menggunakan Facebook Ads harus mengeluarkan biaya, tetapi dapat memberikan hasil yang memuaskan jika dilakukan dengan tepat.

Facebook Ads memiliki banyak kelebihan sebagai platformkampanye PPC. Apa saja kelebihan Facebook sebagai platform kampanye PPC? Berikut kelebihannya:

· Pengguna Facebook tidak hanya banyak, tetapi juga aktif

· Demografi yang dimiliki Facebook beragam

· Target pasar lebih spesifik

· Biaya Facebook Ads murah

Terdapat langkah-langkah khusus sebelum Anda bisa berkampanye PPC di Facebook Ads. Apa sajakah langkah-langkah tersebut? Berikut kami sajikan ulasannya.

·Membuat Halaman di Facebook

Tahap pertama bagi Anda yang ingin menggunakan Facebook Ads adalah harus memiliki halaman Facebook.

·Buka Facebook Ads

Langkah selanjutnya yaitu membuka aman Facebook Ads Manager. Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu Anda sudah login ke akun Facebook yang Anda gunakan untuk membuat halaman di Facebook sebelumnya.

·Pilih Iklan Terpandu

Setelah dua langkah di atas, berikutnya buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Saat Anda mengklik Buat Iklan, Facebook menawarkan dua pilihan kepada Anda. Pertama adalah pembuatan iklan terpandu dan kedua adalah pembuatan iklan cepat. Alangkah lebih baiknya bila Anda memilih pembuatan iklan terpandu agar iklan Anda lebih spesifik.

·Tentukan Tujuan Iklan

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan iklan yang ingin Anda capai. Facebook sendiri menyediakan tiga tujuan yang bisa Anda pilih, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

·Pilih Jenis Iklan

Saat Anda sudah menentukan tujuan iklan, selanjutnya Anda akan disuruh untuk memilih kembali antara {split|cut up|break up} testing dan pengoptimalan anggaran. Anda dituntut untuk memilih salah satu di antara keduanya, tidak dapat menggunakannya di waktu yang bersamaan.

·Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Traffic

Selanjutnya tulis nama iklan agar bisa membandingkan dengan performa iklan-iklan di FB Ads. Setelah itu pilih tujuan trafik Anda mau diarahkan ke mana, Anda dapat memilih untuk mengarahkannya kewebsite, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.

·Tampilkan Promo

Jika Anda sedang menjalankan promo di bisnis Anda, centang pilihan promo untuk menampilkan promo tersebut.

·Tentukan Target Audience

Seperti yang sudah disinggung di atas, kelebihan Facebook Ads adalah dapat menentukan {target|goal} khalayakdengan tepat.

·Tentukan Penempatan

Dalam menentukan penempatan, Anda bisa memilih penempatan otomatis. Pilihan ini lebih baik karena Facebook otomatis akan menampilkan iklan di tempat-tempat yang memiliki kinerja paling baik.

·Pilih Jadwal

Setelah melakukan penempatan, selanjutnya Anda diarahkan untuk memilih jadwal. Saran untuk Anda adalah memilih untuk menjadwalkan iklan selama satu bulan.

·Pilih Format Iklan

Terdapat lima pilihan format iklan, yaitu karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide, dan koleksi. Pada tutorial ini kami memilih Format Karosel dengan gambar yang dapat digeser.

·Buat Teks

Bagian ini sangat penting, disarankan Anda mendeskripsikan iklan Anda semenarik mungkin dan singkat agar khalayak Anda bisa langsung paham tujuan iklan Anda.

·Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Tautan

Pilih gambar yang sesuai dengan isi iklan Anda. Setiap format Facebook Ads membutuhkan gambar yang berbeda. Setelah itu tulis judul yang menarik perhatian {target|goal} pasar dan jangan lupa untuk memasukan {link|hyperlink} tautan.

·Bayar Iklan Facebook

Setelah melewati serangkaian langkah untuk membuat Facebook Ads, langkah terakhir adalah membayar iklan. setelah Anda melakukan pembayaran Facebook akan mereview iklan Anda dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selamat mencoba.

By zaki3