Hosting Indonesia merupakan layanan yang menyediakan space server bagi sebuah website. Layanan web hosting ini akan bekerja menyimpan berbagai jenis aset, dokumen, serta database dalam satu server. Inilah yang membantu website Anda bisa diakses oleh banyak orang.

Jenis Layanan Web Hosting

Web hosting itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang penting untuk Anda kenali.

1.     VPS Hosting

Disebut sebagai Virtual Private Server, web hosting ini adalah jenis hosting dimana Anda akan berbagi server dengan pengguna website lainnya. Namun, sistem ini memungkinkan data Anda terlindungi dan tidak tercampur pengguna lain. Anda akan mendapat space server sendiri sehingga akses data tetap bisa dilakukan dengan aman dan lancar tanpa ada gangguan pihak lain.

VPS merupakan jenis layanan hosting yang banyak direkomendasikan untuk tipe website dengan traffic yang tinggi. Pengguna website untuk keperluan bisnis biasanya akan memilih jenis web hosting ini. Meskipun memang biaya yang harus dibayar untuk memakai hosting jenis ini tergolong besar.

2.     Cloud Hosting

Dari beberapa pilihan jenis web hosting, ternyata cloud hosting memiliki begitu banyak peminat. Tipe hosting yang satu ini paling populer di kalangan pengelola website. Salah satu alasannya adalah tipe hosting ini tidak memiliki downtime. Biaya yang perlu dibayar juga fleksibel sesuai dengan apa yang telah Anda pakai.

Sesuai dengan namanya, tipe hosting ini menggunakan sistem cloud. Terdapat sekelompok server. Setiap server akan memiliki replikasi file dan resource. Jika salah satu server mengalami masalah, secara otomatis traffic website akan dialihkan menuju server lain.

3.     Shared Hosting

Bicara tentang layanan hosting Indonesia yang paling banyak dipakai, maka jawabannya adalah shared hosting. Tipe web hosting yang satu ini sangat cocok digunakan untuk tipe website pribadi atau website yang pemakaiannya sederhana. Sebenarnya konsep dari shared hosting hampir sama dengan VPS hanya saja lebih sederhana dan biayanya juga lebih murah.

Lewat layanan shared hosting ini, Anda akan berbagi dengan pengguna yang lain. Selain biayanya murah, ternyata jenis layanan hosting ini juga mudah dipakai bahkan untuk pemula sekalipun. Sayangnya pada layanan hosting ini, traffic di website milik pengguna lain bisa saja berpengaruh pada kinerja dari website yang Anda kelola.

4.     Dedicated Server Hosting

Jika Anda ingin memiliki layanan hosting pribadi yang hanya digunakan untuk website Anda secara keseluruhan, dedicated server hosting pilihannya. Layanan hosting yang satu ini didedikasikan bekerja untuk website Anda sendiri. Anda akan mendapatkan server fisik sendiri dan bisa mengelolanya berdasarkan kebutuhan sendiri.

Memilih dedicated server hosting sama saja Anda memiliki sebuah server sendiri. Anda bisa mengelolanya dengan bantuan customer support yang berkualitas. Sayangnya, jenis layanan hosting seperti ini tergolong sangat mahal sehingga Anda harus siap-siap mengeluarkan lebih banyak biaya.

5.     WordPress Hosting

Dari namanya saja kita bisa menebak kalau jenis hosting ini digunakan khusus bagi pengelola website WordPress. Sebenarnya secara konsep jenis hosting ini sama dengan shared hosting. Hanya saja memang lingkup penggunanya adalah pemakai WordPress.

Dari segi harga, WordPress hosting cukup terjangkau. Penggunaan jenis hosting ini juga tergolong mudah sehingga cocok bagi pemula. Jika Anda memang menggunakan WordPress maka tipe hosting ini bisa jadi pilihan tepat. Mereka memiliki performa yang sangat baik dan customer service-nya juga paham WordPress secara menyeluruh.

Itulah tadi beberapa jenis hosting yang bisa Anda gunakan. Pilih tipe hosting yang paling sesuai kebutuhan. Pilih juga jasa hosting murah namun dengan kualitas yang tentu tak diragukan lagi.

 

By zaki3